Pelantikan DPR dan DPD Rp44,1 miliar Yahokimo kelaparan

Pada saat pelantikan anggota DPR dan DPD yang akan di gelar 1 oktober yang akan dating Sedikitnya Rp44,1 miliar akan dihabiskan untuk biaya acara rangkaian ritual pelantikan 692 anggota DPR dan DPD tersebut. Anggaran sebesar itu antara 2 lembaga DPR, DPD, KPU masing-masing menganggarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengalokasikan Rp11 miliar, Setjen DPR menyiapkan Rp26,5 miliar, dan Setjen DPD menganggarkan Rp6,6 miliar.
Dengan demikian, total uang negara yang dipakai menyenangkan wakil rakyat sebesar Rp44,1 miliar. Padahal, uang negara itu diperoleh dari kucuran keringat rakyat dan utang luar negeri.
Lebih ironis lagi, sebelum dilantik pada 1 Oktober 2009, setiap anggota DPR dan DPD akan dibekali uang saku. Uang saku itu diambil dari alokasi dana pelantikan yang dianggarkan KPU Rp11 miliar. Menurut Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menambahkan dari anggaran Rp11 miliar, pengeluaran terbesar dialokasikan untuk penyediaan penginapan anggota DPR dan DPD menjelang pelantikan di Hotel Sultan.
Ia menjelaskan dibutuhkan lebih 700 kamar yang akan dibuka di Hotel Sultan. Dari jumlah tersebut, sekitar 692 kamar untuk anggota DPR dan DPD, sedangkan sisanya untuk panitia.
Sementara Kepala Bagian Perencanaan dan Kerja Sama Setjen DPD Anies Mayangsari Muninggar mengemukakan lembaganya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,6 miliar untuk mempersiapkan kedatangan anggota DPD periode 2009--2014.Menurut dia, dana Rp6,6 miliar itu dibagi dalam lima alokasi anggaran, yaitu persiapan, orientasi, anggota purnatugas, acara pelantikan itu sendiri, dan juga termasuk anggaran untuk antisipasi kemungkinan PAW pada 2009.
Di Jakarta, para anggota DPR itu disediakan perumahan dinas. Khusus untuk rumah dinas di Kalibata, karena sedang direnovasi, berhak diberikan uang Rp13 juta/bulan untuk tinggal di luar sampai renovasi selesai Seluruh rangkaian prosesi pelantikan itu diamankan 8.000 personel kepolisian dari Kepolisian Daerah Metro Jaya. Tentu saja untuk pengamanan itu membutuhkan dana lagi.
banyaknya dana yang di alokasikan untuk pelantikan anggota DPR dan DPD tersebut , sementara saudara kita mengalami kelapara di yahokimo irian jaya di manakah nurani bangsa ini,,?


0 komentar: