Penyebab Gagalnya Ujian Nasional Siswa, Guru Atau Pemerintah

Penyebab Gagalnya Ujian Nasional Siswa, Guru Atau Pemerintah ; Sungguh ironis hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini. Selain tingkat kelulusannya menurun, mata pelajaran yang mengganjal kelulusan ternyata Bahasa Indonesia.

Selama ini, kebanyakan murid sekolah justru khawatir dengan pelajaran matematika yang dianggap jauh lebih sulit dibanding Bahasa Indonesia. Lebih ironis lagi, murid jurusan bahasa menjadi 'korban' terparah karena tidak mampu mengerjakan soal Bahasa Indonesia.

Berikut Hasil Penelusuran Pakar Lampung dari berbagi Laman di temukan Dari 1.475 siswa jurusan bahasa, sebanyak 919 siswa atau 62,26 persen tidak lulus karena Bahasa Indonesia. Begitu juga, dari jurusan IPS yang tidak lulus karena Bahasa Indonesia juga banyak, yakni 9.200 siswa atau 37,87 persen dari total 24.290 siswa. Sementara itu, sebanyak 3.980 siswa IPA atau 28,37 persen siswa IPA tidak lulus Bahasa Indonesia dari total 14.031 siswa.

Murid yang tidak lulus UN tidaklah bisa untuk dikatakan sebagai murid bodoh. Fungsi ujian dalam dunia pendidikan, adalah untuk mengetahui kemampuan para murid. Ujian Nasional Tahun tahun ini masih banyak yang gagal atau tidak lulus. Karena, materi mata pelajarannya belum tuntas. Siapa yang patut disalahkan siswa, guru atau pemerintah?

0 komentar: