Melihat Potensi Kekuatan Calon Gubernur Lampung 2013

Pakar Lampung - Melihat Potensi Kekuatan Calon Gubernur Lampung 2013 : Pemilihan umum kepala daerah Pilkada Gubernur Lampung yang direncanakan digelar 2 oktober 2013 mendatang di ikuti oleh lima (5) pasang calon gubernur dan wakil gubernur, Seperti kita ketahui bersama, bahwa secara umum tergambar pelaku politik di bumi ruwa jurai ini hanya sosok yang itu-itu saja. Belum ada sosok yang benar-benar fresh dan sudah diketahui kapasitas dan integritasnya dalam hal pemajuan Lampung. Maka dari itu, masyarakat cenderung menunggu untuk lahirnya sosok yang mereka harapkan, yaitu sosok yang dapat menjadi alternatif sebagai pemimpin Lampung kedepan.

Secara geografis, Lampung Merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian. Struktur ekonomi Provinsi Lampung berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2008 didominasi oleh sektor Pertanian (42%), Perdagangan (16%) dan Industri Pengolahan (13%). Dengan melihat potensi besar potensi SDA (sumber daya alam) yang dimiliki Lampung hari ini, sebenarnya provinsi ini layak menjadi sebuah provinsi makmur dan percontohan di Pulau Sumatera. Dengan luas ± 3.528.835 ha.

 Provinsi Lampung memiliki potensi sumber daya alam yang sangat beraneka ragam, prospektif, dan dapat diandalkan, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan, pariwisata, sampai kehutanan. Dengan melihat potensi besar tersebut, seharusnya Lampung dapat menjadi salah satu Provinsi maju di Indonesia. Melalui momentum Pilgub pada Tahun 2013 ini, diharapkan dapat menghasilkan Pemimpin Lampung yang berkualitas dan memahami persoalan serta peduli bagi peningkatan kesejahteraan Lampung kedepan.

Pertarungan merebutkan aspirasi masyarakat pada pilkada tahun ini saya perkirakan akan berlangsung ketat, ini bisa kita lihat dengan majunya lima pasang bakal calon gubernur-wakil  gubernur (cagub-cawagub) yang memiliki basis kekuatan di masing-masing kabupaten kota .apabila kita melihat peta kekuatan cagub di masing-masing  daerah pasangan cagub Herman H.N. diperkirakan akan kuat di Koata Bandarlampung. Lalu Pasangan Berlian Tihang - Mukhlis Basri di kabupaten Lampung Barat, Alzier - Lukman Hakim (Metro), dan Ridho -Bachtiar Basri kabupaten Tulangbawang Barat dan Sekitarnya.

Melihat kekuatan berdasarkan asal dan partai pendukung Cagub dan Cawagub :
Calon Gubernur Lampung 2013

-. Pasangan Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim (Aman) akan kuat di Metro dan Pesawaran. Metro merupakan basis Lukman Hakim, sedangkan Pesawaran asal Alzier.

-. Pasangan Berlian Tihang-Mukhlis Basri (Berlianmu) akan kuat di Tulangbawang dan Lampung Barat, termasuk Pesisir Barat. Tanggamus

-. Pasangan Herman H.N.-Zainudin Hasan (Manzada) kuat di Bandarlampung dan Lampung Selatan. Kota Bandarlampung basis Herman H.N. sebagai wali kota, sedangkan Zainudin Hasan punya basis kuat di Lamsel.

-Pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Ridho Berbakti) kuat di Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji, dan Lampung Utara berdasarkan Perolehan suara bachtiar basri pada Pilkada lampung utara sebelumnya 

-. Pasangan Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim (Amal Berguna) akan kuat di Lampung Utara, Lampung Tengah yang merupakan asal cawagub

Semoga apa yang menjadi pengharapan ini dapat terwujud, dan pesta demokrasi yang katanya merupakan pesta rakyat oktober 2013 ini dapat menghasilkan pemimpin yang mengerti dan memiliki komitmen kuat untuk berbuat nyata bagi kemajuan dalam kemajemukan yang ada di Lampung. Amin. 

0 komentar: