Kapala Motor Anti Tenggelam Solusi Mengatasi Kecelakaan Laut

Kapala Motor Anti Tenggelam Solusi Mengatasi Kecelakaan Laut ; Sejak dahulu kala Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan luasnya lautan yang kita miliki, banyak potensi kekayaan laut yang dapat kita manfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Akan tetapi, kita ketahui bahwa kekayaan yang begitu melimpah ini belum termanfaatkan secara maksimal. Seandainya saja dahulu tidak ada Deklarasi Djoeanda, maka potensi kekayaan laut Indonesia ini hanya sepertiga dari potensi yang dimiliki sekarang atau seluas kira-kira 100.000 km2 . Karena wilayah laut teritorial Indonesia saat itu, menurut Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie 1939 hanya meliputi laut sejauh 3 mil dari garis pantai yang mengelilingi pulau-pulau Nusantara dan di antara pulau-pulau tersebut terdapat lautan bebas (Laut Internasional).

Sehingga dapat kita bayangkan seandainya itu terjadi dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia karena pada hakekatnya walaupun negara kita terdiri dari suku bangsa yang berbeda yang menghuni berbagai pulau, akan tetapi secara kultur konsep kewilayahaan kita tidak membedakan wilayah lautan dan darat. Dengan adanya Deklarasi Djoeanda batas laut teritorial Indonesia diperpanjang menjadi 12 mil dari garis pantai, klaim ini bersamaan dengan pernyataan jati diri sebagai negara kepulauan, dimana laut menjadi penghubung antar pulau bukan pemisah.

Saat ini tiga per empat dari keseluruhan wilayah Indonesia adalah lautan dengan luas sekitar 5,8 km2. Di dalamnya terdapat lebih dari 17.500 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km yang merupakan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada di dunia. Banyak sekali kekayaan laut yang dimiliki negara kita. Laut kita mengandung banyak sumber daya yang beragam baik yang dapat diperbaharui seperti perikanan, terumbu karang, hutan mangrove, rumput laut, dan plasma nutfah lainnya ataupun sumber daya yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak dan gas bumi, barang tambang, mineral, serta energi kelautan seperti gelombang, angin, dan OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion) yang sedang giat dikembangkan saat ini.

Sekilas Kapala Motor dan Data kecelakaan Laut

Kapal ikan, alat tangkap ikan dan nelayan merupakan tiga faktor yang mendukung keberhasilan suatu operasi penangkapan ikan. Aktifitas menangkap ikan terutama di laut adalah kegiatan yang beresiko tinggi. Oleh karena itu, faktor keselamatan kapal maupun nelayan harus diperhatikan karena merupakan ha1 yang utama untuk menunjang kesuksesan suatu operasi penangkapan ikan. Masalah keselamatan kapal dan nelayan merupakan ha1 yang menjadi perhatian dunia yang dituangkan dalam berbagai kebijakan intemasional maupun nasional.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut diketahui presentasi penyebab tejadinya kecelakaan kapal di Indonesia, termasuk kecelakaan kapal ikan menurut faktor penyebab yaitu faktor uman error (43,67%), faktor alam (32,37%), dan faktor teknis (23,94%). Faktor alam merupakan faktor penyebab kecelakaan kapal ikan yang tidak dapat dihindari pada saat operasi penangkapan ikan. Namun dengan meningkatkan faktor kualitas sumberdaya manusia dan faktor teknis diharapkan kecelakaan kapal dapat dihindari atau diminimalkan. Untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan kapal perlu didukung oleh Perlatan yang baik sala satunya dengan Kapal Anti Tenggelam

Penggunaan motor diesel sebagai penggerak utama pada kapal tradisional sudah menjadi hal umum. Hal ini sejalan dengan manfaatnya yang besar terhadap perkembangan pelayaran kapal-kapal kecil terutama pada kapal tradisional. Penggunaan motor diesel sebagai penggerak kapal dirasakan lebih banyak untungnya oleh para pemilik kapal, bila dibandingkan dengan pemakaian layar sebagai penggerak utama pada generasi kapal-kapal tradisional sebelumnya. Hal yang biasanya terjadi di kapal-kapal tradisional adalah penggunaan motor diesel bukan tipe marine use, tetapi motor diesel land use. Ini terjadi karena banyak pemilik kapal hanya mempertimbangangkan sisi ekonomi tanpa memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang setelah dialih fungsikan sebagai marine use. Dengan adanya pengalih fungsian tersebut, belum diketahui layak atau tidaknya pemodifikasian tersebut jika ditinjau dari segi teknis maupun ekonominya. Karena hal itu merupakan faktor yang penting terhadap keselamatan penggunaan motor diesel tersebut.

Seperti kita ketahui dewasa ini banyaknya terjadi Kapal motor yang tenggelam yang menelan korban para penumpang sebagai contoh tenggelamnya Kapal Motor Karya Terang tenggelam di dekat Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur dan 22 penumpangnya dinyatakan hilang. Korban selamat tercatat 44 penumpang. ( baca suaramerdeka.com )

Dari banyaknya peristiwa kapal tenggelam tersebut Penemu mencoba Memberikan Solusi permasalahan terjadinya kapal tenggelam dengan membuat suata penemuan Kapal Anti Tenggelam dan Anti Karam.

Keunggulan Kapal Motor Anti Tenggelam

Kapal Motor Anti Tenggelam ini dirancang mengutamakan Keselamatan Penumpang, kapal Motor Anti Tenggelam ini Mampu Berlayar dalam cuaca buruk meski gelombang hingga 5 Meter, kapal motor anti tenggelam ini di Buat dengan rancangan Orisinil dan belum Pernah di Buat di manapun ( asli Putra Indonesia )

Kapal Motor Anti Tenggelam di Desain dengan Panjang 17 Meter Lebar 3.6 meter dengan Tinggi 4, 2 Meter, dengan ukuran Kapal Motor Anti Tenggelam ini dapat merapat dan bersandar pada dermaga dengan kedalaman air 3 meter.dengan demikian Pembuatan dermaga mejadi Mudah, Kapal Motor Anti Tenggelam ini mampu mengangkut sebanyak 10 Ton Ikan atau kekayaan laut lainnya dengan Kecepatan 25-30 Knot perjam dengan memiliki 3 baling-baling dengan di lengkapi Mesin Cadangan, hal ini untuk mengantisipasi jika ada kerusakan di tengah laut.

Kapal Motor Anti Tenggelam ini di desain dan dapat diproduksi secara masal sedikitnya 5.000 unit Kapal Motor Anti Tenggelam yang setandarisasinya sesuai dengan kebutuhan

Kapal Motor Anti Tenggelam digerakkan dengan Mesin Diesel dilengkapi dengan Genset Listrik untuk lampu-lampun dan AC ( untuk Kapal penummpang ) untuk kapal Penangkapan Ikan dilengkapi dengan Lemari ES.

Manfaat Kapala Motor Anti Tenggelam.
Kekayaan laut Indonesia sangat memiliki potensi yang tinggi. Baik dari segi perdagangan hasil laut, maupun dari segi pariwisata. Dengan keaneka ragaman dan berlimpahnya kekayaan laut negri ini, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan, udang dan berbagai jenis hewan laut lainnya untuk dikirim ke luar negeri utuk diolah sebagai bahan makanan, ikan-ikan Indonesia sudah banyak di kirim ke jepang, china, korea dan beberapa negara lain di benua asia dan bahkan sudah menembus benua amerika. Dari hal tersebut, kita dapat brpendapat bahwa kekayaan laut Indonesia tidak hanya indah, tetapi memiliki kualitas internasional, sehingga banyak negara asing yang menyukai mutu dari ikan-ikan dari laut Indonesia.

Dengan adanya Kapal Motor Anti Tenggelam ini diharapkan kegiatan para nelayan tidak tergantung pada cuaca, artinya mekipun cuaca buruk para nelayan tetap melaut dan dapat berproduksi dan dapat meningkatkan produksi tangkapan Ikan.

Dengan adanya Kapal Motor Anti Tenggelam ini diharapkan Masyarakat tidak perlu takut untuk menjadi nelayan akibat banyaknya kejadian kapal tenggelam, dengan banyaknya jumlah nelayan diharapakan bisa membuka lapangan kerja baru di bidang kelautan bukan saja di bidang perikanan tetapi bias menggali sumber-sumber kekayaan laut lain seperti Rumput Laut, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sumber yang didapat (Kompas, 15 Desember 2004), ada 7,5 persen (6,4 juta ton/tahun) dari potensi lestari total ikan laut dunia berada di Indonesia. Kurang lebih 24 juta hektar perairan laut dangkal Indonesia cocok untuk usaha budidaya laut (marine culture) ikan kerapu, kakap, baronang, kerang mutiara, dan biota laut lainnya yang bernilai ekonomis tinggi dengan potensi produksi 47 ton/tahun. Selain itu, lahan pesisir (coastal land) yang sesuai untuk usaha budidaya tambak udang, bandeng, kerapu, kepiting, rajungan, rumput laut, dan biota perairan lainnya diperkirakan 1,2 juta hektar dengan potensi produksi sebesar 5 juta/tahun. Secara keseluruhan nilai ekonomi total dari produk perikanan dan produk bioteknologi perairan Indonesia diperkirakan mencapai 82 miliar dollar AS per tahun. Hampir 70 persen produksi minyak dan gas bumi Indonesia berasal dari kawasan pesisir dan laut. Selain itu, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati laut pada tingkatan genetik, spesies, maupun ekosistem tertinggi di dunia. Akan tetapi, saat ini baru 4 juta ton kekayaan laut Indonesia yang baru dimanfaatkan. Jika kita telusuri kembali sebenarnya masih banyak potensi kekayaan laut yang dimiliki Indonesia. Baca Potensi sumber Daya Kelautan Lampung

Dengan memiliki lebih dari 2500 jenis ikan yang hidup dan berkembang biak di perariran Indonesia, sangat disayangkan sekali belum dapt dimanfaatkan secara maksimal oleh rakyat Indonesia, nelayan Indonesia belum dapat hidup makmur, padahal negara kita terkeal dengan kekayaan lautnya

Dari segi pariwisata, Indonesia banyak memiiki tempat-tempat wisata laut yang menarik, kita memiiki kepulauan seribu, taman laut bunaken, keindahan laut pulau Lombok, bali, dan banyak tempat wisata laut menarik lainnya. Apabila kita dapat memanfaatkannya dengan baik untu kepentingan negara ini, dunia akan menyadari bahwa Indonesia adalah suatu negara yang memiiki keindahan yang memukau, dibalik isu-isu negative tentang Indonesia di dinua iternasional, hal ini dapat menjadi daya tarik tersebdiri bagi para wisatawan asing maupun lokal, untuk berkunjung ke Indonesia.

Sangat disayangkan sekali, anugerah dan karunia yang dimiliki oleh Indonesia akan kekayaan laut kita, dengan berbagai macam keindahan terumbu karang, keanekaragaman ikan laut dan berbagai macam keindahan biota laut lainnya rusak begitu saja, oleh karena ulah dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja dan mengabaikan kelestarian alam laut Indonesia
Dengan ini, saya sebagai orang yang peduli akan keindahan laut Indonesia, menghimbau dan mengajak anda semua, untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan laut Indonesia.

Dalam menghadapi peningkatan permintaan akan angkutan penumpang antar pulau atau antar propinsi, Kapal Motor Anti Tenggelam sangatlah cocok karena mengutamakan keselamatan dalam pelayaran dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat

HARAPAN PENULIS

Oleh Karna Itu saya berharap Pemerintah maupun Swasta dapat Memperhatikan Tulisan Ini, dan apabila perlu penjelasan secara spesifik dan terinci mengenai Desain Penemuan Kapal Anti Kara mini saya Siap mempresentasikan secera rinci untuk informasi Lebih Lanjut Silhkan Hubung Email ; permala_lpg@yahoo.co.id atau di Ponsel : 0812 7952 0001, atas perhatian semua pihak di ucapkan terima kasih ( By ; Sanamal Pakar Lampung )

Search ; makalah Solusi mengatasi Kecelakaan Transportasi laut, Manajemen Kecelakaan laut, Masalah Kecelakaan Laut, Cara mengatasi Kecelakaan kapal Laut.

0 komentar: