Melihat Kekurangan dan Kelebihan Sistem Konvensi Capres

Pakar Lampung - Melihat Kekurangan dan Kelebihan Sistem Konvensi Capres : Salam sukses untuk kita semua semoga dalam kesibukan keseharian kita masih sempat sedikit berpikir untuk bangsa dan negara, belakangan ini kontroversi Partai berlambang Mercy terus menghangat setelah pengunduran diri anas urbaningrum dari jabatan ketua umum. Setalah Kongres Luar Biasa Partai Demokrat yang digelar di Bali 31 maret yang lalu menobatkan SBY menjadi Ketua Umum. 

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan struktur formatur baru partai Demokrat di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Minggu (31/3). SBY menunjuk Marzuki Alie sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi, Syarief Hasan sebagai Ketua Harian Dewan Perwakilan Pusat, dan EE Mangindaan sebagai Ketua Harian Dewan Pembina Partai.

konvensi capres demokrat, strategi demokrat 2014, caleg demokrat lampung 2014Setelah menjabat Sebagai Ketua umum SBY pun terus berekpresi untuk mendongkrang suara Partai Demokrat pada Pemilu 2014 mendatang, berikut ini pakar lampung melihat ada 4 strategi yang sedang dilakukan SBY untuk mendongkrak Partai Demokrat dari keterpurukan.

Mengambil Tokoh Icon.
Tokoh ikon ini menjadi penting, untuk membuktikan ekspresi politik bahwa PD masih diminati tokoh yang punya basis massa yang riil, seperti bergabungnya putri mantan presiden Yenny Wahid ini sangat berpengaruh dalam pendulangan suara PD pada 2014 nanti.

Konvensi capres
SBY sengaja membuka konvensi capres. Konvensi capres ini akan memancing tokoh-tokoh kuat di luar parpol untuk bergabung bersama PD. walaupun hasil konvensi bisa saja setengah hati, hanya untuk memasukkan tokoh di luar parpol ke Partai Demokrat,

ide ini betul-betul dapat mengubah sistem pengambilan keputusan di tubuh Demokrat yang selama ini dinilai sentralistis menjadi betul-betul demokratis.

Penjajakan dengan tokoh-tokoh kuat
SBY akan melakukan penjajakan dengan tokoh-tokoh kuat, ketua umum partai, hingga capres potensial. Yang sudah dilakukan, SBY telah mengundang capres Gerindra Prabowo Subianto ke Istana Negara, Penjajakan dengan tokoh-tokoh baik capres maupun ketua umum partai pasti akan banyak dilakukan SBY,

Mengoptimalkan program-program pemerintahan
SBY kemungkinan akan mengoptimalkan program-program pemerintahan. Terutama yang langsung bersentuhan dengan rakyat banyak. Untuk menyumbang kesan atau persepsi bahwa dia mampu mengelola partai dan pemerintahan dengan baik. Ini akan memperbaiki persepsi publik terhadap Demokrat.

Sisi positif dan Negatif dari Konversi Capres atau Primary Election partai Demokrat
Kembali ke Konvensi Capres yang akan dibuka oleh partai demokrat atau Ide primary election atau konvensi yang diusung Partai Demokrat untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden (capres) pada Pemilu 2014 dinilai ideal dalam sistem demokrasi, akan tetapi mari kita lihat kekurangan dan kelebihan dalam sisitem primary election.

Primary election adalah sebuah cara yang dilakukan partai politik seperti di Amerika Serikat untuk menyeleksi secara internal para kandidat presiden sebelum partai itu resmi mengusulkan capres kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dipilih publik dalam pemilu.

 ide ini betul-betul dapat mengubah sistem pengambilan keputusan di tubuh Demokrat yang selama ini dinilai sentralistis menjadi betul-betul demokratis, Kalau dilakukan secara konkret ini bagus, jadi pengambilan keputusan betul-betul dari bawah. Di sisi lain akan timbul opini Partai Demokrat mampu mengambil keputusan dengan demokratis, serta akan berpengaruh secara elektoral terhadap calon Partai Demokrat di provinsi dan kabupaten/kota.

Adapun kelemahan dari Sistem ini bisa menguras energi yang besar dari kandidat. Sehingga pada saat bersamaan, kandidat sudah kehilangan energi untuk bersaing di pemilihan presiden yang sesungguhnya

sistem konvensi ini bisa memunculkan pasar politik baru, hal ini akan berkembangan politik transaksional dalam partai, Konstituen bisa menjual dukungannya melalui proses konvensi. "Ada money politic lebih awal.

0 komentar: